Sholawat nariyah

BacaanSholawat nariyah


Sholawat nariyah merupakan salah satu amalan yang kerap dibacakan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih bagi kaum pesantren, selawat nariyah menjadi salah satu amalan andalan yang diyakini memiliki beragam manfaat. Hal inilah yang membuat berbagai kegiatan kaum pesantren sering diisi dengan pembacaan selawat nariyah. Termasuk dalam peringatan Hari Santri Nasional, pembacaan selawat nariyah menjadi kegiatan rutinan yang dibaca bahkan sampai 1 miliar kali oleh ribuan hingga jutaan orang.

Berikut ini bacaan Sholawat nariyah.

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تَامّاً عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ، وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ، وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ، وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ 

"Allohumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil qurobu wa tuqdho bihil hawaaiju wa tunalu bihir roghooibu wa husnul khowaatimu wa yustasqol ghomamu biwajhihil karim wa ‘ala aalihi wa shohbihi fi kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lumin laka".
Artinya:
"Ya Allah limpahkan selawat yang sempurna, dan curahkanlah salam kesejahteraan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, yang sebab beliau semua kesusahan dapat terpecahkan, kesulitan dapat dihilangkan, dan semua keperluan dapat terpenuhi dan semua yang didamakan serta khusnul khatimah bisa diraih, dan berkat Nabi Muhammad yang mulia, hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarga dan para sahabatnya, di setiap detik embusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau".

Lalu apa saja keutamaan membaca selawat nariyah?
Yang pertama ialah syafaat dari Rasulullah. Hal ini sesuai hadis Nabi Muhammad SAW, "Siapa saja yang membaca selawat untukku, maka Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya".

Dalam hadis lain Rasulullah bersabda: "Perbanyaklah selawat kepadaku, karena dapat meringankan permasalahan dan menghilangkan kesedihan".

Sedangkan hadis riwayat Ibnu Mundah dari Jabir mengatakan, Rasulullah bersabda: "Siapa membaca selawat kepadaku 100 kali, maka Allah akan mengijabahi (mengabulkan) hajatnya, 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia."

Hadis-hadis di atas memang menjelaskan tentang keutamaan membaca selawat secara umum. Baik selawat nariyah, atau pun yang lainnya. Adapun keutamaan selawat nariyah secara khusus termaktub dalam kitab Khazinatul Asror karangan Syekh Sayyid Muhammad Haqqi an-Nazili. Dijelaskan dalam kitab tersebut, selawat nariyah memiliki keutamaan di antaranya bisa menolak bala, dan bisa menjadi perantara dikabulkannya hajat seseorang.

Berikut penjelasannya dalam kitab Khazinatul Asror.

"Salah satu selawat yang mustajab yakni Selawat Tafrijiyah Qurthubiyah, atau yang biasa disebut orang-orang Maroko dengan selawat nariyah. Sebab, jika seseorang mengharapkan apa yang ia cita-citakan, atau ingin menolak sesuatu yang tidak ia sukai, maka mereka bisa berkumpul dalam majelis dan membaca selawat tersebut sebanyak 4444 kali, maka hajat akan lebih mudah dikabulkan. dengan seizin Allah tentunya."

Menanggapi keutamaan selawat nariyah, Imam Dainuri seorang ulama terkemuka memberikan komentarnya atas isi kandungan kitab Khazinatul Asror tersebut. Menurutnya, siapa saja yang membaca selawat nariyah sebanyak 11 kali setelah salat wajib maka rezekinya tidak akan putus, di samping mendapatkan tingkat kedudukan orang kaya.

Berikut ini rangkuman keutamaan Sholawat nariyah:
  1. Apabila dibaca sebanyak 31 kali setiap selesai salat subuh, maka Allah akan mempermudah segala urusan dan setiap usahanya.
  2. Jika dibaca sebanyak 11 kali setiap hari, maka Allah akan lancarkan rezekinya dan diangkat derajatnya di masyarakat.
  3. Apabila dibaca sebanyak 90 kali setiap hari, maka Allah akan membuka pintu rezeki, menjauhkan dari bala, dan membuat orang menyukainya.
  4. Apabila dibaca sebanyak 300 kali dalam suatu majelis, maka Allah akan menjauhkan musibah yang besar dan mengabulkan hajat yang besar juga

Itulah beberapa keutamaan selawat nariyah. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang pandai mengamalkannya. Demikianlah penjelasan terkait dengan sholawat nariyah. Semoga dengan pembahasan ini dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post