10 Manfaat Surat Al Waqiah Wajib Dipahami

10 Manfaat Surat Al Waqiah Wajib Dipahami, dalam Kehidupan Sehari-hari

https://goo.gl/q4GzhP

Alquran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang di dalamnya terdiri dari 30 juzz dengan 114 surat. Di antara surat tersebut adalah surat Al Waqiah.

Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 yang ada di dalam juz ke-27 dan termasuk golongan surat Makkiyah. Surat ini terdiri sebanyak 96 ayat dan memiliki arti kiamat sesuai dengan ayat pertamanya.

Amalan Surat Al Waqiah 41x

Isi dari surat Al Waqiah menceritakan tentang bagaimana hari kiamat tersebut akan terjadi dan juga balasan bagi orang mukmin dan orang kafir. Gambaran hari kiamat tersebut salah satunya ada surat Al Waqiah ayat 4 sampai 6.


 إِذَا رُجَّتِ ٱلْأَرْضُ رَجًّا 

iżā rujjatil-arḍu rajjā 
4. apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya,

 وَبُسَّتِ ٱلْجِبَالُ بَسًّا 

wa bussatil-jibālu bassā 
5. dan gunung-gunung dihancur luluhkan seluluh-luluhnya,

 فَكَانَتْ هَبَآءً مُّنۢبَثًّا 

fa kānat habā`am mumbaṡṡā
6. maka jadilah ia debu yang beterbangan,

Selain menceritakan hari kiamat, surat Al Waqiah juga menerangkan tentang penciptaan manusia, api dan juga segala jenis tumbuhan. Tak hanya itu surat Al Waqiah juga menerangkan tentang kekuasaan Allah serta akan adanya hari kebangkitan yang memang benar adanya.

Hal ini sesuai hadits yang di dalamnya Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang membaca surat al-waqiah setiap harinya maka ia tidak akan ditimpakan kekafiran." Bukan hanya sekedar untuk dibaca dan dimengerti artinya, sebagai umat Islam, kita juga harus mengetahui apa saja sebenarnya manfaat surat Al Waqiah apabila kita membacanya dengan rutin.

Berikut ini beberapa manfaat surat Al Waqiah apabila kita dapat membaca dengan rutin dan mengamalkan segala ayat-ayat di dalamnya.
Dari sekian banyak fadhilah dari Surat Al Waqiah, yang paling banyak terdapat dalam surat ini adalah tentang kekayaan. Akan tetapi, tidak hanya sekadar kekayaan yang akan didapatkan saat membacakan surat Al Waqiah.

Namun juga akan mendapatkan manfaat-manfaat lainnya apabila kita senantiasa membaca dan mengamalkannya setiap hari. Ada pun manfaat-manfaat yang akan didapatkan yaitu sebagai berikut:

Dijauhkan dari Kemiskinan dan Memperoleh Rezeki Berlimpah
1. Dijauhkan dari Kemiskinan
Manfaat surat Al Waqiah jika seorang umat muslim rajin membacanya setiap hari, maka ia akan mendapatkan pahala dan akan dijauhkan dari kemiskinan.

2. Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah
Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali seusai sholat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya. Seperti yang telah dijelaskan dalam suatu hadits yang berbunyi, "Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan." (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Setiap selesai sholat fardhu, bacalah surat Al Waqiah sebanyak 25 kali sehingga sampai pada malam Jumat berikutnya. Pada malam Jumat berikutnya tersebut sesudah sholat Maghrib, maka baca Surat Al Waqiah sebanyak 25 kali, sesudah sholat Isya dibacakan kembali sebanyak 125 kali diikuti dengan Sholawat Nabi 1.000 kali.

Sesudah selesai, maka perbanyak juga sedekah dan amalkan surat ini sekali pada pagi dan petang. Maka Insya Allah seseorang yang membacanya akan memperoleh kekayaan dan rezeki berlimpah.

3. Akan Dikabulkannya Seluruh Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki
Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

4. Mempermudah Sakaratul Maut
Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.
Dilindungi dari Kemudharatan dan Terhindar dari Kefakiran

5. Dilindungi dari Adanya Kemudharatan Dunia
Jika surat Al Waqiah ini dibacakan untuk atau oleh wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.

6. Tidak akan Ditimpa Kefakiran
Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:
"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

7. Merupakan Surat Kekayaan
Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah surat ini merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.

8. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat
Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

Diberikan Ketenangan Jiwa Raga dan Mengajarkan Tauhid Kepada Umatnya

9. Diberikan Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah
Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: "Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).

10. Mengajarkan Tauhid kepada Umat Muslim
Dalam surat Al Waqiah mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat sesorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post