Sholawat Nabi Pendek, Bikin Hati Tenang

Baca Sholawat Nabi Pendek: Allah, Rasulullah Serta Malaikat Ikut Bersholawat

https://goo.gl/q4GzhP

Sholawat nabi pendek bisa Anda jadikan amalan setiap hari. Sholawat sendiri merupakan bentuk jamak dari kata sholat, yang berarti doa. Ketika kita membacakan sholawat nabi, itu artinya kita sedang memohon atau meminta doa kepada Allah untuk Nabi Muhammad SAW. Memohon doa untuk Nabi Muhammad SAW tidak hanya mendatangkan syafaat untuk Rasulullah, tetapi untuk orang muslim yang membacakannya juga.

Berikut adalah sholawat nabi yang sering dilatunkan.

1. Sholawat Nariyah
Sholawat nariyah, adalah sholawat nabi yang biasa kita dengar ketika sedang menunggu adzan magrib, atau sesudah selesai mengaji di Taman Pendidikan Alquran. Begini lafadznya:

“Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.”
Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

2. Sholawat Matsurah
Selanjutnya yaitu sholawat matsurah. Sholawat ini sering kita baca saat menunaikan ibadah sholat subuh, yaitu pada bacaan doa qunut. Bunyi lafadznya:

"Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihi wasallim."
Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

Sholawat nabi pendek dianjurkan untuk dibacakan setiap hari agar mendapatkan ketenangan hati, jiwa dan raga. Selain membuat hati tentram, sholawat juga mendatangkan banyak pahala dan manfaat.

Manfaat yang didapatkan dari membaca sholawat nabi pendek diantaranya:

1. Dibacakan sholawat kembali oleh Allah, Rasulullah SAW, dan malaikat Allah Sebuah hadist menyebutkan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi seperti ini:

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali saja, maka Allah akan membacakan sholawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim).
Selain itu ada hadist lain yang mengatakan bahwa Rasulullah serta malaikat Allah juga ikut bersholawat untuk orang muslim yang membaca sholawat untuk Rasulullah.

Rasulullah bersabda:
  • "Barangsiapa membaca sholawat untukku, maka sholawatnya akan sampai kepadaku, dan aku akan membaca sholawat untuk dirinya. Selain itu akan dituliskan sepuluh kebaikan untuk dirinya." (HR Thabrani).
  • "Barangsiapa membaca sholawat untukku, maka para malaikat akan senantiasa membaca sholawat untuknya selama orang tersebut membaca sholawat untukku." (HR Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah).

  • 2. Mendapatkan Ampunan Dosa
    Jika seorang muslim membacakan sholawat Nabi, maka diampunilah dosa-dosa yang pernah ia buat semasa hidupnya. Dosa-dosa secara sengaja maupun yang tidak disengaja.

    Hadist yang menyatakan demikian, yaitu hadist riwayat Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani. Begini hadistnya:
    “Wahai Abu Kahil, barang siapa membaca sholawat untukku setiap hari sebanyak tiga kali dan setiap malam sebanyak tiga kali, karena cinta dan rindu kepadaku, maka Allah SWT mewajibkan atas diri-Nya untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari tersebut." (HR Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani).

    Mari kita amalkan setiap hari, semoga kita bisa selalu dapat perlindungan dari Allah swt.
    Previous Post
    Next Post