Doa Qunut Subuh

Tentang Doa Qunut Subuh.
Doa Qunut Subuh
Doa Qunut Subuh merupakan amalan yang mengandung beberapa makna. Mulai dari memohon petunjuk, ungkapan syukur, memohon hidayah, memuji keagungan Allah Subhanahu wa ta'ala, sekaligus bersalawat, atas Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Doa qunut subuh ini adalah hal sunah menurut mazhab syafi’i dan maliki. Dasar dari pendapat tersebut adalah hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam senantiasa melakukan qunut pada shalat subuh sampai beliau meninggalkan dunia, (Hadis Riwayat. Ahmad). Doa qunut subuh yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. terdapat dalam hadis riwayat Imam An Nasa'i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi.

Bacaan Doa Qunut Subuh.

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik.
Innahu laa yadzillu maw waalaiit. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik
wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:
Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan.

Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau.

Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.

Keutamaan Membaca Doa Qunut.

1. Memberikan petunjuk.

Allahummahdinii fii man hadaiit,
pada doa qunut subuh memiliki arti sebagai suatu permintaan seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar diberikan petunjuk.

Hal ini berarti kita selalu mohon petunjuk kepada Allah Subhanahu wa ta'ala saat melafalkannya dalam shalat.

2. Mendapatkan perlindungan.

Wa’aafinii fii man ‘afaiit
yang artinya adalah "Berilah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah diberi keselamatan.
Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan perlindungan dan memberikan keselamatan untuk hamba-Nya yang memohon.

3. Meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang didapat.

Pada bacaan qunut terdapat doa, wabaariklii fiimaa a’thoiit,

artinya adalah berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih". Kalimat ini menjelaskan bahwa Allah akan selalu memberikan berkah kepada hambanya yang selalu bersyukur.

4. Terhindar dari penyakit.

Dalam doa qunut ada kalimat, wa’aafini fii man hadaiit,

yang diyakini memberi pelindungan berbentuk keselamatan. Bentuk keselamatan di sini bisa berupa kesehatan, di mana setiap hamba Allah Subhanahu wa ta'ala yang bertakwa akan mendapatkan pelindungan

dari berbagai penyakit. Selain doa qunut subuh, pada qunut nazilah ada baiknya menambahkan dengan doa qunut yang dibaca Sayyidina Umar dan Ibnu Umar radhiyallahu anhu.

Itulah doa qunut subuh yang bisa kita amalkan setiap harinya agar terhindar dari berbagai musibah. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Bacaan Doa Qunut Nazilah dan artinya:

Allâhumma innâ nasta‘înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk.

Allâhumma iyyâka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq.

Artinya:

Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu.

Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.

Itulah doa qunut subuh yang bisa kita amalkan setiap harinya agar terhindar dari berbagai musibah. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.
Postingan terbaru
    Previous Post
    Next Post